Penyuluhan Layanan Perpustakaan di SDN 5 Labuhan Lombok

Pada hari Rabu, 9 Oktober 2019 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur telah melaksanakan program penyuluhan layanan perpustakaan di SDN 5 Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabaya. Kegiatan ini dalam rangka menyebarluaskan informasi tentang layanan perpustakaan dan menanamkan kegemaran membaca khususnya kepada peserta didik sejak usia dini. Rombongan Tim Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Lotim dipimpin H. Marwan (Kepala Dinas) beserta rombongan disambut oleh Bapak Fathussabir, S.Pd.SD selaku Kepala Sekolah. Di saat yang bersamaan juga diadakan layanan perpustakaan keliling di mana para siswa dapat membaca berbagai koleksi buku bacaan yang digemari diusianya. Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi layanan perpustakaan dilaksanakan di dalam ruangan kelas dengan jumlah peserta 100 orang.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Bapak Hamdillah (Sekdis) menyampaikan tentang pentingnya membaca dan bagaimana peran perpustakaan sekolah. Berhubung beliau sebelumnya aktif berkecimpung di dunia pendidikan, kondisi sebagian besar perpustakaan sekolah sudah dipahami. Banyak kondisi perpustakaan sekolah yang tidak dikelola dengan baik, tidak ada tenaga pengelola khusus bahkan untuk membuka ruang perpustakaan sekolah pun terkadang jarang sampai buku-buku menjadi berdebu dan tidak terawat. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran pimpinan sekolah tentang peran perpustakaan dalam menunjang kurikulum dan kegiatan belajar mengajar.

Narasumber selanjunya yaitu Muh.Amin Kutbi, S.Sos (Kabid Perpustakaan) menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan penyuluhan ini. Di mana harapannya agar layanan perpustakaan khususnya Perpustakaan Daerah Lombok Timur semakin dikenal luas oleh masyarakat. Ditekankan oleh beliau bahwa selama ini mindset masyarakat tentang perpustakaan hanya gudang buku dan tempat pinjam serta membaca buku saja, padahal banyak kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan apalagi selaras dengan program prioritas nasional saat ini tentang perpustakaan berbasis inklusi sosial di mana perpustakaan bisa memfasilitasi kebutuhan masyarakat melalui kegiatan pelibatan masyarakat seperti pelatihan komputer, kursus memasak, bahasa inggris atau pun ketrampilan tangan. Selain itu beliau menyampaikan tentang adanya aplikasi iLotim sebagai layanan perpustakaan digital Perpustakaan Daerah Lombok Timur. Cukup melalui android yang kita miliki bisa membaca buku apa saja yang kita inginkan. Oleh karena itu bisa install aplikasi iLotim di playstore secara gratis, sehingga perpustakaan ada di genggaman tangan kita, tambah beliau.

Selanjutnya materi tujuan dan fungsi perpustakaan sekolah disampaikan Lalu Nasrun, S.IP selaku Kasi Layanan dan Otomasi DPK Lotim. Beliau mengajak para siswa untuk enjoy melalui gerak dan lagu terkait membaca. Pada sesi kedua ini Lalu Nasrun menjelaskan tujuan umum dan khusus dari perpustakaan sekolah dan manfaatnya. Selanjutnya Bapak Kepala Sekolah, Fathussabir, S.Pd.SD menjelaskan jika sekolah sudah memiliki program literasi sekolah, di mana setiap hari rabu, siswa dan guru secara rutin membaca buku sehingga harapannya kegemaran membaca meningkat karena baca buku jadi pintar. Buku adalah gudang ilmu dan membaca adalah kuncinya, tambah beliau. Setelah Bapak Kepsek dilanjutkan dengan penyuluhan oleh Andrea Ardi Ananda, S.Hum selaku pustakawan. Beliau menyampaikan tentang meraih cita-cita melalui gemar membaca. Ada 3 kemampuan yang harus dimiliki yaitu kemampuan analisis, mengetahui mana yang benar dan tidak serta kemampuan menerapkan bahan bacaan di kehidupan sehari-hari. Penyuluhan ditutup oleh Bapak Kadis dengan terus memotivasi peserta didik untuk meingkatkan kegemaran membaca, tidak hanya membaca buku saja tapi juga Al-Quran. DPK Lotim juga membagikan sejumlah dorprize menarik kepada para siswa yang bisa menjawab pertanyaan/kuis dari para narasumber. Terlihat antusias yang begitu tinggi dari para siswa siswi mengikuti kegiatan ini sehingga terasa begitu meriah walaupun dilaksanakan sederhana.

 

Bapak Kasil Layanan menghibur para siswa siswi
Foto bersama semua siswa, guru, dan rombongan Tim DPK Lotim
Penyerahan hadiah menarik bagi para siswa berprestasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *