Perpusling dan Pendidikan Pemustaka di SDN 1 Kalijaga

Senin, 3 Februari 2020 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kab. Lombok Timur mengunjungi SDN 1 Kalijaga Kecamatan Aikmel melalui layanan perpustakaan keliling (perpusling). Sebelum layanan, petugas melaksanakan pendidikan pemustaka yaitu bimbingan untuk memberikan pengarahan dan penjelasan terkait apa itu perpustakaan keliling, jenis buku yg ada di perpusling, jenis layanan perpusda hingga tips membaca buku yang baik dan benar. Setelah itu diakhiri dengan yel-yel dan bernyanyi bersama dan membaca buku.

Bapak/Ibu Guru pendamping menyatakan siswa sangat antusias ketika perpusling hadir sebab siswa sudah habis membaca buku di perpustakaan sekolah. Sehingga ketika ada buku baru dari perpusling membuat semangat siswa membaca.

Para siswa mengaku senang dan ingin mobil perpusling dapat berkunjung lagi. Hal serupa disuarakan pihak sekolah agar kegiatan literasi di sekolah dapat disupport dengan adanya perpusling ini. Adapun jumlah pengunjung perpusling di Sdn 1 Kalijaga ini yaitu 182 orang dengan rincian 168 orang siswa/i dan 14 orang guru/tenaga kependidikan. Jumlah buku yang dipinjam untuk dibaca sejumlah 194 eksemplar.

Para sIswa didampingi Bapak Guru memilih buku bacaan favorit mereka
Pustakawan menguji kemampuan membaca para siswa
Para siswa antusias menyimak penjelasan dari Pustakawan meski duduk di halaman sekolah yang basah
Ini loh buku favorit saya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *