Roll O Pack Sebagai Pengamanan Arsip Vital di DPK Lotim

Arsip merupakan sumber ingatan yang terbentuk dari hasil kegiatan suatu organisasi. Keberadaannya sangat dibutuhkan sebagai urat nadi organisasi dan referensi penting bagi pengambil kebijakan dalam menentukan maju mundurnya suatu organisasi. mengingat perannya yang sangat penting itulah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur telah mendatangkan 1 paket lemari Roll O Pack yang digadang-gadang tahan api. Sehingga diharapkan arsip dapat bertahan dalam menghadapi bencana seperti kebakaran maupun gangguan dari binatang pengengat (rayap, ngengat, tikus dan sejenisnya).

Roll O Pack yang dimiliki Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dihajatka untuk sarana pengamanan bagi arsip vital /statits seperti surat jual beli tanah, akte kelahiran ataupun arsip-arsip lainnya yang memiliki nilai sejarah. Untuk diketahui bahwa Roll O Pack adalah sistem modern untuk penyimpanan arsip dan barang yang diciptakan untuk menghasilkan kapasitas ekstra ruang dengan lebih ekonomis dan efisien.

Lalu Maret Iriandi, selaku Kepala Bidang Kearsipan DPK Lotim menjelaskan bahwa Roll O Pack ini yang sudah lama direncanakan ingin dimiliki di Unit Kearsipan kita, jelasnya. Hal ini mengingat sekarang jumlah arsip vital/statis di bidang kearsipan terus bertambah tiap tahunnya. Saat ini ada sekitar 300 lebih arsip vital yang kita simpan namun terkendala ruangan dan saraana penyimpanan yang memadai. Alhamdulillah saat ini sudah ada sehingga kita juga tidak tertinggal dengan Kabupaten/Kota lain di NTB yang sudah mengelola arsipnya dengan baik, tutup beliau.

 

Inilah Roll O Pack yang sudah tersedia di DPK Lotim
Begini penampakan isi dalam dari lemari Roll O Pack yang di Arsip
Bapak Kabid Kearsipan mencontohkan cara menggunakan roll o pack

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *