Penelusuran Cagar Budaya dan Benda Bersejarah Makam Dende Tikus

Kegiatan kearsipan ini di lakukan dalam satu bulan sekali dan tim penelusuran cagar budaya dan benda bersejarah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Lotim, telah melakukan penelusuran tentang kebenaran fisik Makam Dende Tikus yang berada di Montong Ukir Dusun Dewe Sume Desa Sakra Kec. Sakra.

Tim penelusuran pada sat turun ke lapangan di dampingi oleh aparat kecamatan, aparat desa serta tokoh dusun setempat. Pada saat dimintai keterangan oleh tim yang di ketuai  Kabid Arsip LL. MARET IRIANDI S.sos, mereka paparkan bahwa keberadaan makam dende tikus ini sudah melegenda sehingga sering dikunjungi oleh para peziarah yang berdatangan dari berbagai pelosok Lombok khususnya dan daerah-daerah lainnya.

Kedatangan mereka ke tempat itu untuk minta do’a agar tanaman pertanian mereka tidak di ganggu oleh tikus yang pada sat itu menjadi hama  penggangu utama.

Menurut penuturan tokoh setempat secara umum dikatakan bahwa, setelah para peziarah melakukan ritual dengan caranya sendiri lalu tanah makam tersebut di ambil secukupnya untuk dibawa pulang, konon setelah tanah makam tersebut di taburkan di lahan pertanian mereka, hama tikus tersebut menjadi hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *