Pembinaan Perpustakaan dan Kearsipan di Kecamatan Sambalia

Bersama anggota Tim, Kabid Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan dan Kearsipan tgl 05-02-18 telah melakukan pembinaan tentang perpustakaan dan kearsipan perdana dalam tahun 2018 ini ke Desa Belanting Kecamatan Sambelia, yang sebelumnya  pembinaan yang sama telah pula dilaksanakan  ke Desa Sembalia.

Selanjutnya secara berkala dalam bulan Februari ini akan juga melakukan pembinaan ke 5 desa lainnya di antaranya : Desa Obel-obel Kec. Sambelia, Perian Kec, Mt. Betok, Pr. Jurang dan Desa Kilang Kecamatan Mt. Gading.

Dalam setiap pembinaannya Kabid PP selalu menekankan bahwa perpustakaan desa yang ada hendaknya di kelola  dengan manageman yang baik dan benar, sehingga keberadaanya di akui dan di butuhkan oleh semua kalangan masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat demi kemajuan dan kesejahteraan mereka.

Beliau menyarankan penempatan Perpustakaan Desa hendaknya di luar Kantor Desa agar masyarakat merasa bebas untuk keluar masuk meminjam buku dan yang paling baik di kelola oleh masyarakat yang mempunyai kemampuan managerial yang handal dan mampu serta mengerti AT.

Lebih jauh Kabid PP juga menyampaikan tentang pentingnya Arsip. Dikatakannya Arsip merupakan urat nadi Pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, sehingga keberadaanya harus betul-betul di pelihara dan disimpan dengan baik dan benar, agar arsip surat-surat tersebut lestari, lebih-lebih tentang surat-surat yang bernilai tinggi sehingga pada saatnya masyarakat butuh atau lembaga lain yang ada berkaiatan dengan hal-hal prinsip bisa segera di temukan.

Selanjutnya terkait dengan arsi-arsip surat in an aktif sebaiknya kepala desa menyimpannya di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lotim, yang mempunyai standard untuk itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *