Supervisi Perpustakaan SMPN 3 Selong

Pada tanggal 23 Mei 2018 telah dilaksanakan kegiatan supervisi Perpustakaan SMPN 3 Selong. Tim yang dikomando oleh Jabullah, S.Pd selaku Kasi Pengembangan Minat Baca dan Sadar Arsip DPK Lombok Timur memberikan bimbingan teknis kepada pengelola perpustakaan sekaligus mendata kondisi perpustakaan sesuai dengan indikator yang tercantum di dalam instrumen.

Dari hasil peninjauan di Perpustakaan SMPN 3 Selong diketahui bahwa kondisinya memang sudah berjalan namun masih banyak hal yang perlu dibenahi lagi sesuai dengan Standar Perpustakaan yang berlaku. Zaenal selaku tenaga pengelola perpustakaan menyatakan bahwa selama ini layanan perpustakaan sudah berjalan seperti biasanya namun masih terkendala pada jumlah koleksi dan sarana prasarana penunjang yang masih jauh dari kata lengkap. Untuk mencetak kartu buku ataupun kelengkapan administrasi layanan harus turun ke lantai 1 untuk mencetaknya di ruang tata usaha, hal ini dikarena di perpustakaan belum memiliki komputer dan printer apalagi internet.

Bebrbagai keterbatasan ini lah yang mengakibatkan pelayanan Perpustakaan SMPN 3 Selong dirasa belum maksimal. Membiasakan anak-anak ke perpustakaan pun menjadi tugas berat karena tidak pernah adanya tambahan pengadaan buku baru yang digemari oleh anak-anak. Meskipun telah memiliki seorang pustakawan namun ternyata yang bersangkutan sangat jarang untuk dapat standby di perpustakaan. Untuk itu komitmen kuat dari berbagai pihak sangatlah perlu sehingga pengembangan perpustakaan khususnya di sekolah dapat berjalan sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *