Bergembira di Perpustakaan Edisi Ketiga

Kegiatan Bergembira di Perpustakaan telah memasuki edisi ketiga alias untuk yang ketiga kalinya di tahun 2018 ini. Program yang baru di 2018 ini diadakan merupakan wujud memberdayakan fungsi perpustakaan seperti wahana pendidikan dan rekreasi. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat mengenal layanan dan sarana prasarana yang ada di perpustakaan, khususnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Lombok Timur. Bergembira di Perpustakaan Edisi Ketiga yang diadakan hari Rabu, 9 Mei 2018 ini mengundang siswa-siswi dari Paud Mahkota Kebontalo dan TK Al Falah Rakam dengan masing-masing sejumlah 50 orang ditambah lagi dengan guru pendamping dan para wali murid sehingga total partisipan kegiatan ini mencapai 200 orang.

Kegiatan Bergembira di Perpustakaan Edisi Ketiga diawali dengan senam ceria “Bear Dance”, anak-anak begitu antusiasnya terlihat dari raut wajah dan aktifnya mereka bergerak. Kegiatan senam ceria ini dipandu oleh Ibu Ratna yang merupakan salah seorang pustakawan DPK Lombok Timur. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Yel-yel atau teriakan semangat dari masing-masing sekolah yang dipandu oleh Bapak Andrea yang juga merupakan pustakawan DPK Lombok Timur. Adanya Yel-yel dari masing-masing sekolah ternyata semakin membuat suasana bersemangat dan penuh keceriaan, adik-adik dari dua sekolah begitu kompak menyanyikan Yel-yel masing-masing dipandu oleh Ibu Guru pendamping yang tak lelah mengawasi dan membimbing adik-adik selama kegiatan.

Setelah Yel-yel, kegiatan selanjutnya yaitu pantomim dari Kakak-kakak Komunitas yang dengan sukarela mau menghibur adik-adik peserta. Pantomim kali ini membawakan cerita “Cupak Gurantang” yang merupakan cerita rakyat lombok yang melegenda. Dengan durasi sekitar 20 menit, kegiatan pantomim ini berhasil menarik perhatian adik-adik peserta. Hal ini terlihat dari perhatian mereka yang terpusat kepada Kakak-kakak Komunitas yang asik beraksi di depan mereka, sesekali gelak tawa mereka pecah ketika Kakak-kakak Komunitas Pantomim beradegan kocak dan menghibur, apalagi didukung dengan dandanan wajah mereka yang dibuat ala-ala badut lucu. Bahkan setelah kegiatan pantomim, adik-adik bahkan Ibu Guru pendamping sibuk berebutan untuk berfoto bersama para Kakak-kakak Komunitas Pantomim. Dari cerita “Cupak Gurantang” dapat ditarik pelajaran bahwa kebaikan selalu akan menjadi pemenang sehingga adik-adik peserta diharapkan meniru segala sesuatu yang baik dan menjauhi perbuatan/sifat buruk yang bisa mencelakakan orang lain maupun diri mereka sendiri.

Setelah Pantomim, selanjutnya adik-adik peserta dipandu menuju ruang perpustakaan yang berada di lantai 2 oleh Ibu Guru Pendamping dan Pustakawan. Di ruang perpustakaan para pustakawan membantu adik-adik menemukan buku-buku cerita yang mereka sukai untuk dibaca. Para wali murid pun dapat turut serta membimbing putra putrinya membaca atau mungkin sekedar melihat isi buku baca anak yang rata-rata full color dan gambar menarik. Dari kegiatan ini diharapkan anak-anak sejak usia dini sudah mengenal buku dan membuat mereka gemar akan membaca kelak sekaligus menunjukkan kepada anak-anak bahwa membaca buku itu sangat mengasyikkan.

Di akhir kegiatan diadakan pembagian hadiah/dorprize bagi masing-masing 7 anak yang beruntung dari dua sekolah yang telah hadir hari itu. Betapa senangnya mereka ketika mendapatkan hadiah berupa tas punggung menarik yang dapat digunakan untuk sekolah. Dari hasil wawancara dengan Ibu Guru Pendamping, mereka sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini. Mereka menilai kegiatan ini sangat bagus karena banyak kegiatan edukasi yang tidak seringdidapatkan siswa-siswi ketika belajar di sekolah. Banyak hal menarik kami temui di Perpusda, seperti taman bermain yang dihiasi permainan dari barang-barang bekas dan didesain menarik bagi anak-anak. Kami sangat iri dengan Perpusda karena pegawainya kreatif-kreatif, cerita salah seorang Guru TK Al Falah Rakam. Kedepan kami akan sangat sering berkunjung ke Perpusda untuk belajar dan berkegiatan seperti ini, pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *