Perpusdes Mitra Perpuseru Dibantu Server KunangKunang

Pada tanggal 21 Mei 2018 bertempat di Gedung Serbaguna Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Lombok Timur telah dilaksanakan penyerahan hibah komputer server KunangKunang kepada 4 Desa mitra Perpuseru Lombok Timur. Komputer server tersebut merupakan bantuan dari Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) bagi Desa yang komitmen mengembangkan layanan perpustakaan desa berbasis IT dan aktif mendokumentasikan kegiatan-kegiatan pelibatan masyarakat, layanan IT dan advokasinya secara online melalui fasilitator.perpuseru.org. Desa yang memperoleh bantuan tersebut antara lain : Rempung, Suradadi, Anjani dan Labuhan Lombok. Keempat desa telah mengirim perwakilan dari perpustakaan desanya untuk mendapatkan pelatihan Sistem Informasi Manajemen (SIM) KunangKunang pada awal bulan Mei kemarin di Bekasi. KunangKunang ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Tim IT Perpuseru CCFI untuk mengontrol para pengguna layanan internet di perpustakaan. Dengan adanya aplikasi ini kita dapat mengecek pemakaian layanan internet di perpustakaan secara real time.

Umar Ubaid, Kepala Desa Rempung yang menerima bantuan menjelaskan bahwa adanya bantuan server ini sangat bermanfaat bagi perpustakaan desa untuk mengetahui perkembangan masing-masing perpustakaan. Di Rempung saat ini sudah memfasilitasi masyarakat pengguna dengan sara wifi gratis bahkan disediakan 15 unit komputer untuk . pelatihan gratis bagi masyarakat rempung, khususnya para pelajar. Kepala Desa Suradadi, Lalu Gede Wiraksa dan Kepala Desa Anjani, H. M. Zulkarnain pun setali tiga uang, Ini merupakan bentuk nyata dukungan/komitmen dari Kepala Desa bagi kemajuan perpustakaan desa.

Kepala Bidang Perpustakaan, Syahmat, S.Sos yang mewakili Kadis untuk penyerahan komputer kepada masing-masing desa berharap bahwa bantuan komputer server ini dapat dimanfaatkan secara maksimal. Mengingat tidak semua mitra perpuseru di Lombok Timur yang mendapat kesempatan mendapatkan bantuan server KunangKunang dari CCFI. Sehingga keempat desa ini diharapkan terus mendukung kemajuan perpustakaan desanya melalui kebijakan maupun penganggaran oleh Kepala Desa. Saat ini di Lombok Timur telah ada 21 perpusdes yang bermitra dengan perpuseru. Sehingga kedepan akan terus disasar kepada desa lain yang belum optimal penyelenggaraan perpustakaannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *