DPK Dompu Studi Banding ke DPK Lotim

Pada hari Rabu, 2 Oktober 2019 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur mendapat kunjungan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Dompu. Kunjungan ini dalam rangka studi banding ke perpustakaan daerah lotim termasuk perpustakaan desa juara nasional yaitu rempung. Rombongan berjumlah 7 orang yang dipimpin Bapak Rohyani, SH selaku Kepala Dinas DPK Dompu. Turut serta dalam kunjungan ini Sekdis, Kabid, KAsi dan Pustakawan DPK Dompu. Tim diterima oleh Bapak H. Marwan (Kadis DPK Lotim) beserta jajarannya di ruang KAdis. Dalam penjelasannya KAdis DPK Dompu ingin sekali datang melihat perkembangan perpustakaan di Lotim mengingat dari hasil tingkat nasional, perpusdes di Lotim sejak 2014 hingga 2019 kecuali 2018 berhasil juara nasional. Dompu sempat menjadi juara provinsi tahun 2018 namun hanya masuk 5 besar di tingkat nasional waktu itu. Beliau ingin melihat program dan kegiatan pengembangan yang ada di perpustakaan lotim, baik dari sisi sarana prasarana, kebijakan, termasuk bagaimana perpustakaan digital yang sedang dikembangkan di Lotim. Selanjutnya Bapak KAdis DPK Lotim, H. Marwan memaparkan bahwa saat ini perpustakaan mempunyai peran strategis untuk peningkatan kualitas SDM untuk mempercepat pembangunan daerah. Untuk itu layanan perpustakaan harus hadir di tengah-tengah masyarakat.

 

Saat ini DPK Lotim sudah memiliki beberapa program/kegiatan unggulan antara lain aplikasi iLotim (Perpustakaan Digital) sehingga masyarakat yang aksesnya jauh dari DPK Lotim dapat membaca dan pinjam buku di mana saja dan kapan saja melalui android yang dimiliki, kegiatan pelibatan masyarakat, di mana perpustakaan memfasilitasi kebutuhan masyarakat terutama untuk peningkatan kesejahteraan melalui pelatihan ketrampilan. Beberapa waktu lalu sudah dilaksanakan kursus catering dan memasak kue yang selanjutnya akan diadakan kursus tata rias pengantin sasak, program layanan pulau terpencil juga dilakukan untuk menjangkau masyarakat yang berada di pulau-pul;au terluar sehingga mengurangi kesenjangan informasi dan pengetahuan, program bergembira di perpustakaan bagi pelajar TK/PAUD untuk mengenalkan perpustakaan sejak usia dini, program penyuluhan layanan perpustakaan ke sekolah-sekolah untuk memasyarakatkan perpustakaan sehingga menanamkan kegemaran membaca bagi pelajar. Satu lagi beliau menjelaskan bahwa beberapa minggu lagi DPK Lotim akan mengadakan Book Fair (Pameran Buku) selama seminggu. Program pameran ini akan mengundang seluruh Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kora se-NTB dan hanya DPK Lotim di NTB yang memiliki program pameran ini. Kadis DPK Dompu pun menjelaskan dalam rangka inklusi sosial maka perpustakaan perlu bersinergi dengan OPD lain untuk mendukung hal tersebut sehingga ingin agar DPK Lotim memberi tips/strategi untuk menghindari penilaian agar tidak dianggap menyerobot tupoksi dinas lain. Kadis DPK Lotim menjelaskan bahwa kerja sama dengan OPD lain sangat perlu dalam rangka program inklusi sosial, bagaimana tahun 2020 DPK Lotim akan menjalin kemitraan berupa MoU dengan dinas teknis terkait di bidang pertanian, perikanan, dan peternakan. Mengingat peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat menyasar 3 bidang ini. Perpustakaan bisa menyediakan referensi/sumber bahan bacaannya melalui buku atau sumber lainnya dan para penyuluh tersebut akan mentransfer pengetahuan yang didapat tadi ke masyarakat.

DPK Dompu dan rombongan sangat mengapresiasi kemajuan perpusdes rempung. Bagiamana Pemerintah Desa dan masyarakat begitu bersinergi dalam memajukan kualitas masyarakat melalui perpustakaan. DUkungan Pemerintah Desa sudah begitu tinggi melalui penganggaran operasional perpusdes termasuk sarana prasarana dan tenaga pengelola yang mencukupi. Program yang dilaksanakan juga sangat beragam sesuai kebutuhan amsyarakat. Sehingga tidak salah lah Pemerintah Provinsi telah mencanangkan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di Desa Rempung beberapa saat lalu.

 

Rombongan DPK Dompu diterima Kadis DPK Lotim di Ruangannya
Foto bersama DPK Dompu dan Pengelola Perpusdes Rempung
Foto bersama Kadis DPK Lotim dan DPK Dompu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *