Profil

A. Sejarah Singkat

Perpustakaan Umum Kabupaten Lombok Timur berdiri tahun 1998 , pada saat itu masih berada dibawah bagian organisasi ( Ortala ) Sekretariat Pemda Kabupaten Lombok Timur.

Tahun 2001 berdasarkan Peraturan Daerah Nomor : 12 tahun 2000 bernama Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Lombok Timur (ARPUSDA), status kantor eselon III/a, dengan struktur terdiri dari Kepala Kantor, Kasubag Tata Usaha, Kepala Seksi Arsip dan Kepala Seksi Perpustakaan.

Lokasi Perpustakaan Umum beberapa kali mengalami perubahan lokasi antara lain:

a. Di Gedung DPRD Kabupaten Lombok Timur, sebelum 2001;
b. Di Gedung KONI ( Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sekarang ) Jln Patimura Selong, tahun 2001 s.d 2004;
c. Di jalan Dr Cipto Mangunkusumo No. 07 Selong, tahun 2005 s.d sekarang.

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Lombok Timur, Kantor Arsip dan Perpustakaan mengalami perubahan nomorklatur dengan tambahan 1 buah seksi yaitu seksi dokumentasi, sehingga bernama Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Lombok Timur. Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah yang bersifat spesifik di bidang perpustakaan, arsip dan dokumentasi berdasarkan Peraturan Bupati Lombok Timur Nomor 36 Tahun 2008 tentang Rincian, Tugas Pokok dan Fungsi Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Lombok Timur.

Dan sejak awal tahun 2018 status Kantor berubah menjadi Dinas dengan terbitnya Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Timur Nomor 06 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah dan Peraturan Bupati Lombok Timur Nomor 52 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Dengan uraian 3 bidang yaitu Bidang Perpustakaan, Kearsipan, Pembinan dan Pengembangan serta 2 Kasubbag yaitu Kasubag Keuangan dan Program serta Kasubag Umum Kepegawaian.