Penelusuran Makam Meretan

Meretan merupakan nama sebuah dusun yang terdapat di Desa Sepit Kecamatan Keruak yang bermakna urutan atau satu persatu. Makam Meretan sendiri merupakan makam Syeckh Ali Hasim Al-Bagdhad yang merupakan tokoh penyebar Agama Islam yang berasal dari Aceh yang selain menyebarkan Agama Islam juga ikut berperang melawan Anak Agung pada masa penjajahan Bali di Lombok. Tim Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/Arsip Daerah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Lombok Timur melakukan penelusuran dengan bertemu narasumber Sanusi Bin Sapri (Kepala Wilayah Kebun Jeruk).

Makam Meretan diperkirakan ada bersamaan dengan waktu terjadinya perang antara Bali dan Lombok yaitu pada bad ke-17. Pada awal diketahuinya keberadaan Makam Meretan, Papuk Engkos yaitu seorang tokoh Masyarakat di Desa Sepit merasa didatangi oleh seseorang yang mengatakan keberadaan Makam Meretan tersebut. Berasal dari kejadian tersebut kemudian Makam Meretan dijaga dan dirawat oleh keturunan Papuk Engkos yang hingga saat ini dijaga oleh Sanusi Bin Sapri (Narasumber).

Bangunan Makam Meretan sudah dilakukan dua kali perubahan, pada awalnya bangunan Makam Meretan menggunakan ngeluh (kotoran sapi) dan atap ijuk, kemudian diganti menggunakan batu bata yang diplester dengan atap seng. Makan Meretan memiliki luas bangunan sekitar 4,5 x 3,5 meter dan panjang Makam sendiri yaitu sekitar 2 x 1 meter.

Hingga saat ini Makam Meretan masih ramai dikunjungi baik untuk sekedar berziarah, melakukan perayaan maupun dengan hajad tertentu. Pengunjung yang datang tidak hanya dari sekitar Desa Sepit tetapi dari berbagai Desa di seluruh Pulau Lombok, namun beberapa waktu ini mejadi jarang dikunjungi karena terkendala adanya pandemi Covid-19.

Perjalanan menuju Makam Meretan
Tampak depan Makam Meretan yang sudah dipugar
Tim mewawancarai Narasumber (Sanusi bin Sapri)
Makam Meretan (Syeckh Ali Hasim Al-Bagdadh)
Tempat duduk di samping Makam
Foto bersama Tim DPK Lotim dengan narasumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *